2.10.2009

Pelajaran dari Bapak

Bapak,...
Hari itu cukup terik, panasnya sengatan matahari dan lusuhnya udara kota sangat menyiksa penikmatnya
Dengan mobil tua ini, kita menyusuri jalan kehidupan yang terasa terjal dan penuh lubang
Aku tahu hidup ini memang tidaklah mudah,...
setidaknya bagi kita...
Ditengah peluh dan dahaga,...tidak lupa nasehat dan petuah itu engkau berikan,...
aku hanya bisa terpaku di samping,...
seakan tak percaya, namun nyata kulihat...
bahwa kita mengarungi kehidupan dengan penuh coba,...
ALLOH pasti sayang sama kita
kita masih diberi kekuatan,... dan semangat untuk terus berjuang...
kita masih diberi rasa malu yang begitu besar,...sehingga kita jadi segan untuk bermalas - malasan

Bapak,...
perjuanganganmu demi aku anakmu begitu hebatnya,...
aku tahu hidup ini terasa sulit bagi keluarga kita,...
tapi tak pernah muncul dari lidahmu kata penyesalan dan keluh kesah,...
hanya harapan kelak, kita bisa merubah kehidupan dan nasib

Bapak,...
tidak pernah tinggi cita - cita mu kepadaku
engkau hanya berharap aku bahagia,...

Bapak,...
ditengah perjalanan ini,
mobil tua ini ternyata terlalu lelah,...
dia mogok dan berkeras untuk minta beristirahat,...
tapi kita masih punya janji dengan seseorang,...
adalah mereka yang menyewa jasa Bapak,...

Bapak,...
dari raut itu kulihat ada rasa kesal dan kesedihan,...
tapi itu tidak lama karena itu bukanlah hambatan,...
hidup harus tetap berjalan,
janji mesti tetap ditunaikan,
demi nama baik kita,...

Bapak,...
tampak sigap kulihat,...
engkau singsingkan baju,...
berusaha dengan keras untuk membujuk si mobil tua ini,
agar tidak terlalu lama dia bermanja - manja,...
aku lihat engaku berpikir keras,...dengan segala pengalaman yang ada
dengan segala kemampuan yang engkau punya

Aku ingin turun Pak,...aku mau bantu
kenapa engkau menolak pertolonganku,...
mengapa engkau berkeras tanganku ini tidak layak untuk membantumu,...
ini kan masa darurat,...
kenapa engkau masih menjunjung tinggi keinginanmu untuk melingdungiku
kenapa engkau berkeras tidak ingin menyusahkanku...

Bapak,...
engkau hanya ingin aku belajar untuk dapat memuliakan keluarga kita kelak,...
semua kekuatan dan usaha engkau jalani
hanya untuk mewujudkan itu

Bapak,...
mobil manja ini sudah bersiap untuk kembali bekerja
kita masih harus menunaikan janji kita
kita masih harus melawan kerasnya kehidupan ini
perjalanan kita masih panjang...

Bapak,...
sebuah pelajaran dari perjalanan ini yang akan kuteladani
semangat dan kemauan kerasmu
untuk membahagiakanku
untuk menjadikanku menjadi lebih baik
karena ada harapan besar darimu kepada ku
sungguh perkasa semangatmu,
sungguh kuat kerja kerasmu,
bahkan mesin - mesin dari Jepang pun tidak mampu mengalahkanmu

Begitu besarnya harapan itu,...wahai Bapak ku
semoga aku bisa mewujudkannya,...